sesak nafas karena asam lambung

sesak nafas karena asam lambung – Asam lambung atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi di mana lambung memproduksi gas yang membuat ulu hati terasa nyeri. Kemudian dada juga terasa seperti terbakar karena asam lambung naik menuju esofagus atau saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung disebabkan karena otot bagian bawah dari saluran pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Seharusnya, otot bagian bawah ini akan terbuka secara otomatis saat makanan masuk dan akan menutup setelah makanan telah sampai di lambung.

Jika otot tersebut melonggar, maka tidak dapat membuka dan menutup dengan baik. Karena itu, asam lambung yang seharusnya diam di lambung jadi naik. Itulah mengapa, bagi Anda para penderita maag dan memiliki kecenderungan asam lambung, perlu memperbaiki otot tersebut. Caranya bermacam-macam, mulai dari menjaga asupan makanan hingga pikiran. Dalam kasus yang parah, asam lambung bisa menyebabkan muntah lendir hingga sesak napas.

Bagi Anda yang punya maag, pasti sudah sangat akrab dengan keluhan sesak nafas karena asam lambung naik. Gejala ini sebenarnya merupakan pertanda maag kronis.

Kaitan antara asam lambung tinggi dengan sesak napas

Pakar kesehatan menyebut hal ini memang bisa terjadi. Meski dianggap tidak terkait, dalam realitanya kenaikan asam lambung memang bisa menyebabkan sesak napas.

Sebagai informasi, cairan asam lambung yang sudah naik dan menyentuh kerongkongan bisa saja memasuki saluran pernapasan. Hal ini akan merangsang saraf menyempitkan saluran pernapasan sehingga napas pun akan terasa jauh lebih berat.

Penderita maag kronis juga rentan mengalami kerusakan kerongkongan, tenggorokan, hingga saluran paru-paru jika kondisinya sering kambuh. Paparan asam lambung yang terlalu sering juga terbukti mampu memicu gangguan pernapasan seperti asma, pneumonia, batuk, hingga munculnya suara mengi.

Cara mengatasi sesak napas saat asam lambung naik

Jika mulai mengalami gejala sesak napas akibat asam lambung tinggi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mencari udara segar, bukannya menetap di dalam ruangan. Setelahnya, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan demi membantu mengatasi masalah sesak napas ini dengan efektif.

Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya segera meminum obat yang bisa mengatasi masalah asam lambung seperti obat maag demi meredakan gejalanya. Selain bisa didapatkan di apotek atau warung-warung terdekat, obat asam lambung juga bisa didapatkan setelah berkonsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *