penyakit asam lambung kronis

penyakit asam lambung kronis

penyakit asam lambung kronis

Penyakit asam lambung kronis disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu atau mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama, infeksi, sering stres,cara mengobati asam lambung kronis  menderita penyakit tertentu seperti diabetes dan gagal ginjal, serta gangguan pada sistem imun yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung.

Gejala Maag Kronis yang Perlu Anda Ketahui adalah :

  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Penurunan berat badan.
  • Nyeri perut pada bagian atas.
  • Rasa tidak nyaman pada saluran cerna.
  • Perut terasa kembung.
  • Perasaan penuh atau begah pada perut bagian atas, setelah makan.
  • Mual dan muntah.

Melihat gejala maag kronis di atas diharapkan kita harus selalu waspada, terlebih lagi jika gejala tersebut dibiarkan bisa mengakibatkan komplikasi, seperti:

1. Gastritis Astrofi

Gejala maag kronis ini adalah proses di mana kondisi sudah parah dan berkembang. Penyakit yang terbentuk ketika terjadi peradangan di dinding lambung yang membuat kelenjar pada lapisan dinding menghilang. Jika seseorang menderita Gastritis Astrofi, maka ia akan kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya.

2. Tukak Lambung

Gejala maag kronis ini menimbulkan rasa nyeri pada lambung. Hal ini disebabkan oleh dinding lambung dan usus 12 jari yang rusak akibat peradangan atau luka.

3. Anemia

Gejala maag kronis kondisi lambung yang semakin parah akan menyebabkan pendarahan hebat dan keluar banyak darah, sehingga bisa mengakibatkan anemia.

4. Kanker

Gejala kanker lambung bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati, merusak pencernaan dan lain-lain. Gejala maag kronis perlu diwaspadai karena sudah berubah menjadi kanker yang bisa saja menyebabkan kematian.

Pantangan Sakit Maag yang Perlu Diingat!

Pantangan maag bagi penderitanya harus diikuti agar tidak memperparah penyakit maag kronis. Mereka yang yang sedang menyembuhkan maag atau menghindari mengembangkannya harus mempertimbangkan mengurangi asupan makanan berikut ini:

1. Susu
Pantangan maag yang pertama adsalah susu. Meskipun pernah direkomendasikan untuk membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi rasa sakit, penelitian baru menunjukkan bahwa susu dapat meningkatkan sekresi asam lambung dan harus dihindari oleh mereka yang menderita sakit maag kronis.

2. Alkohol
Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada lambung dan saluran pencernaan, dan meningkatkan kemungkinan maag. Pantangan maag ini harus benar-benar dihindari jika tidak ingin memperparah penyakit maag kronis.

3. Kopi dan minuman ringan
Kopi dan minuman ringan adalah pantangan sakit maag, bahkan jika kopi tanpa kafein, yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi lapisan lambung.

Baca juga : 

penyakit lambung kronis

4. Makanan pedas dan berlemak
Makanan yang sangat pedas atau berlemak dapat menimbulkan perasaan jengkel pada sebagian orang. Paprika merupakan pengecualian, berdasarkan toleransi pribadi terhadap maag kronis.

5. Makanan yang sulit dicerna
Pantangan sakit maag dengan menghindari makanan sulit dicerna yang membuat lambung lambat mencerna makanan, misal makanan berlemak, kue tart, dan keju.

6. Makanan mengandung banyak gas
Pantangan maag dengan menghindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

7. Sumber karbohidrat
Hindarilah beberapa makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, dodol, dan sumber karbohidrat lainnya.

8. Kurangi daging merah
Pantangan maag selanjutnya adalah daging merah. Daging merah bisa berlemak, yang akan memperburuk panyakit maag kronis Anda. Daging juga mengandung banyak protein dan, bahkan jika Anda tidak menderita maag, butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Karena membutuhkan waktu lebih lama, daging akan bertahan di perut lebih lama – oleh karena itu lebih banyak asam dilepaskan untuk mencernanya.

Sebagian besar daging merah memiliki kandungan lemak lebih tinggi daripada daging putih. Anda tidak dapat selalu melihatnya karena lemaknya dalam daging, yang memberikan rasa. Jadi, mengurangi lemak yang terlihat saja tidak cukup. Sebaiknya jalani pantangan sakit maag dengan menghindari daging merah sampai penyakit maag kronis Anda sembuh.

Sumber Artikel :

https://www.alodokter com/waspadai-gejala-maag-kronis-dan-komplikasinya

https://doktersehat com/pantangan-buat-penderita-penyakit-maag-kronis/

https://www.liputan6 com/health/read/3910873/gejala-maag-kronis-bisa-mengakibatkan-kematian-jangan-disepelekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *