Obat Herbal Penyakit Asam Lambung

Obat Herbal Penyakit Asam Lambung

herbal-untuk-asam-lambung

Obat Herbal Asam Lambung – Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual.Ini terjadi karena adanya proses produksi asam yang dilakukan oleh lambung dalam mencerna makanan dengan jadwal yang teratur.

Bahkan ketika kita tidur pun lambung tetap memproduksi asam lambung walau tidak ada makanan yang dicerna untuk dihancurkan.Asam lambung ini penting sekali dalam proses pencernaan makanan, dan sangat dibutuhkan untuk mencerna semua makanan yang kita makan, tanpa adanya asam lambung ini, makanan yang masuk ke tubuh tidak bisa dicerna dengan maksimal.Imbasnya zat-zat gizi yang terkandung didalam makanan yang dikonsumsi tidak bisa diserap dengan baik.

Kebutuhan asam lambung juga tidak boleh melebihi batas, karena jika asam lambung tinggi akan menimbulkan penyakit asam lambung, begitupun sebaliknya jika asam lambung turun juga akan timbul penyakit.

Lambung membutuhkannya sesuai dengan kapasitas dan kebutuham produksi asam lambung sendiri akan bertambah ketika ada proses pencernaan yang terjadi, tetapi ketika tidak ada akan menurun dengan sendirinya.

Jadwal makanan teratur sangat berpengaruh terhadap proses produksi asam lambung, oleh karenanya penting sekali jadwal makan diatur dengan baik, karena lambung memperlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan kebiasaan pola makan, imbasnya jika kita tidak makan secara teratur akan berdampak buruk, khususnya menimbulkan Penyakit Asam Lambung.

Baca Juga : Apakah Itu Asam Lambung?

Berikut adalah cara mengobati asam lambung dengan obat herbal atau secara tradisional yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami:

  1. Pisang

    Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini membuatnya dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala. Selain pisang buah no citrus lainnya seperti melon, apel, pepaya, dan pir juga jadi pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung.

  2. Oatmeal

    Oatmeal (bubur havermut) mengandung gandum utuh yang kaya akan serat sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali.. Pilihan makanan tinggi serat lainnya selain oatmeal adalah roti gandum dan beras whole grain.

  3. Sayuran hijau

    Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik. Ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang Anda alami.

  4. Jahe

    Jahe memiliki sifat antiradang alami yang baik sebagai perawatan untuk sakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat menambahkan jahe parut atau irisan jahe ke dalam smoothie, teh, atau masakan Anda.

  5. Putih telur

    Putih telur rebus adalah pilihan yang bagus sebagai makanan untuk asam lambung. Namun ingat, hindari kuning telur karena mengandung lemak tinggi yang justru dapat memperparah kondisi Anda yang sedang sakit asam lambung.

  6. Daging tanpa lemak

    Daging tanpa lemak adalah pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Hindari mengolah makanan jenis ini dengan cara digoreng karena minyak dapat memperburuk gejala refluks.

  7. Lidah buaya

    Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan, termasuk untuk GERD.

Baca juga : Cara Menatralisir Asam Lambung

Obat Herbal Asam Lambung – Sebelum mencoba ramuan-ramuan alami tersebut alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai keamanan dalam mengonsumsinya. Penyembuhan asam lambung akan lebih efektif dengan memperbaiki pola hidup dengan beberapa tips berikut :

  1. Hindari kebiasaan tidak sehat

    Kebiasaan tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok, atau kebiasaan langsung tidur setelah makan. Kebiasaan tersebut bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Jadi, hentikan kebiasaan tersebut dan setelah makan beri jeda waktu minimal 3 jam sebelum tiduran.

  2. Hindari memakai pakaian ketat

    Memakai pakaian ketat dapat menyebabkan tekanan diperut sehingga lambungpun ikut tertekan, akibatnya isi lambung naik ke kerongkongan sehingga membuat muntah. Agar lebih aman pakailah pakaian yang longgar yang penting nyaman dipakai.

  3. Hindari gerakan yang menekan perut

    gerakan yang memberi tekanan ke perut misalnya gerakan olahraga seperti melompat atau bergoyang-goyang yang berlebihan. Olahraga boleh, tapi ingat kondisi lambung sedang sensitif. Jika ingin olahraga tunggu 2-4 jam setelah makan.

  4. Tidur yag cukup

    Tidur yang cukup itu penting karena kalau kurang tidur tubuh bisa memproduksi hormon stres yang mungkin bisa memicu asam lambung. Oleh karena itu, kurangi begadang yang tidak perlu dan penuhi kebutuhan tidur yaitu 7-8 jam setiap hari. Disarankan juga untuk tidur dengan posisi kepala dan dada yang lebih tinggi. Gunakan penyangga diatas ranjang supaya ketika tiduran posisi dari pinggang keatas jadi lebih tinggi. Jangan hanya menambahkan satu atau dua bantal dibawah kepala, karena kurang efektif.

  5. Mengurangi porsi makan

    Pengurangan porsi makan dengan makan sedikit namun sering dan mengunyah pelan-pelan.

  6. Menghindari makanan dan minuman yang memicu gejala asam lambung

Makanan yang memicu asam lambung :

  • Makanan pedas, yang berlemak seperti gorengan, keripik, askrim, susu dan keju dan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, tomat dan cuka.
  • kurangi konsumsi bawang-bawangan, makan yang mengandung gas dan kacang-kacangan.

Minuman yang memicu asam lambung :

  • Minuman beralkohol, Bersoda dan berkafein

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *