mengatasi perut kembung karena maag

mengatasi perut kembung karena maag

mengatasi perut kembung karena maag

mengatasi perut kembung karena maag,ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung karena maag,Dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak dan terlalu cepat, serta mengunyah makanan hingga benar-benar hancur,dan untuk info lebih lanjut sebagai berikut :

Apakah Anda kerap merasakan perut kembung? Perut kembung bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti maag, masuk angin, bahkan kekurangan enzim. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perut kembung bisa terjadi ketika saluran pencernaan terisi udara atau gas yang berlebih. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan bisa membuat perut Anda terasa membesar.

Ada 5 cara mengatasi perut kembung karena maag sebagai berikut :

1. Sengajakan kentut atau sendawa

cara mencegah mulut kering saat puasa
Agar perut tidak lagi kembung, kentut atau sendawa sebaiknya jangan ditahan. Kentut dan sendawa adalah cara alami tubuh untuk mengatasi perut kembung, dengan cara mengeluarkan kelebihan gas di dalam perut.

Maka ketika perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas.

Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar. Gas akan keluar bersamaan dengan feses dan membuat perut Anda lebih lega.

2. Kompres air panas

Sumber: Smart Girls
Jika Anda sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi perut kembung yang satu ini.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air panas, kemudian peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres panas tersebut selama 10-15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Cara lainnya, bisa dilakukan dengan mengisi botok plastik dengan air panas dan balut dengan handuk tipis. Selanjutnya, tempelkan di atas perut seperti sebelumnya.

Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Bukan hanya itu. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, yang pada akhirnya dapat mengurangi nyeri, kembung, serta membantu mengeluarkan kelebihan gas.

3. Ayo, jangan malas bergerak!
gaya berjalan
Saat perut terasa begah karena kembung, jangan biarkan kondisi ini terus Anda alami berlarut-larut. Lekas bangkit dari duduk, dan jalan kaki sebentar barang 10-15 menit saja.

Pasalnya, olahraga ringan dapat membantu mengendurkan otot-otot usus, sehingga memperlancar geraknya untuk mengalirkan kelebihan gas yang terperangkap di perut. Di sisi lain, cara mengatasi perut kembung yang satu ini juga dapat membantu melancarkan pembuangan feses.

Dengan begitu, penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung juga bisa ikut keluar bersama feses. Cara lainnya Anda bisa mencoba latihan pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Kemudian keluarkan juga dengan perlahan dalam 10 hitungan.

Baca Juga :

mengobati asam lambung tinggi

4. Beri pijatan pada perut
teknik pijat
Tanpa sadar, memijat perut dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan saat mengolah makanan di dalam perut. Pada akhirnya, setidaknya dapat membantu mengatasi perut kembung yang kerap terasa mengganggu.

Tak perlu bingung, begini langkah melakukan pijat perut yang tepat:

  • Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan
  • Pijat perlahan dengan gerakan memutar, disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  • Lakukan pijatan dengan mengarah ke perut bagian atas, kemudian ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuhu tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi yang sama seperlunya.
  • Pijatan pada perut memang diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Namun, jika dirasa tidak kunjung membaik dan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

5. Makan pelan-pelan
makan salad untuk otak sehat
Anda dianjurkan untuk makan pelan-pelan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Ini karena makan terlalu cepat bisa memicu masuknya banyak udara ke dalam sistem pencernaan.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah. Sebagai cara untuk mengatasi perut kembung, usahakan untuk mengunyah sekitar 30 hitungan.

Maka itu, sebaiknya untuk selalu mengunyah makanan sampai halus terlebih dahulu sebelum menelannya. Dengan begitu, dapat mencegah munculnya gangguan percenaan, termasuk perut kembung.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi perut kembung dengan bahan alami. Misalnya, peppermint yang dipercaya bisa meredakan gangguan pencernaan, jahe untuk mengatasi maag dan kembung, kunyit yang juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut dan mulas, serta enzim bromelain pada buah nanas yang mampu mengurangi keluhan perut kembung. Jika perut kembung tidak juga mereda setelah melakukan beberapa cara di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Refrensi Artikel :

https://www.alodoktercom/cara-atasi-perut-kembung-apa-pun-penyebabnya

https://hellosehatcom/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengatasi-perut-kembung/

https://www.nakedpressco/blogs/stories/5-penyebab-perut-kembung

Share artikel ini agar lebih banyak yang mendapatkan manfaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *