jamu untuk asam lambung

jamu untuk asam lambung

jamu untuk asam lambung

Jamu untuk asam lambung, makanan favorit Anda dapat memuaskan selera Anda. Tetapi jika Anda makan terlalu cepat atau terlalu banyak mengonsumsi makanan ini, Anda mungkin mengalami gangguan pencernaan sesekali.

Gejala gangguan pencernaan dapat meliputi perut tidak nyaman yang tidak nyaman setelah makan, atau Anda mungkin merasakan sakit atau sensasi terbakar di perut bagian atas jamu untuk asam lambung.

Gangguan pencernaan bukan penyakit, tetapi lebih merupakan gejala dari masalah pencernaan lainnya, seperti maag, gastritis, atau asam lambung.

Banyak orang akan mengalami gangguan pencernaan. Alih-alih meraih antasid yang dijual bebas untuk menenangkan perut, Anda mungkin ingin mencoba mengendalikan gejala dengan ramuan dan bumbu di dapur Anda.

Berikut ini delapan pengobatan rumahan yang dapat memberikan bantuan cepat untuk gangguan pencernaan.

1.  Teh peppermint

Peppermint lebih dari sekedar penyegar nafas. Ini juga memiliki efek antispasmodik pada tubuh, menjadikannya pilihan yang bagus untuk menghilangkan masalah perut seperti mual dan gangguan pencernaan. Minum secangkir teh peppermint setelah makan untuk dengan cepat menenangkan perut Anda atau menyimpan beberapa potong peppermint di saku Anda dan mengisap permen setelah makan.

Meskipun peppermint dapat meredakan gangguan pencernaan, Anda tidak boleh minum atau makan peppermint saat gangguan pencernaan disebabkan oleh refluks asam. Karena peppermint merilekskan sfingter esofagus bagian bawah – otot antara lambung dan kerongkongan – minum atau makan dapat menyebabkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan memperburuk refluks asam. Teh peppermint tidak dianjurkan untuk penderita GERD atau bisul.

2. Cuka sari apel

Manfaat kesehatan yang diklaim dari cuka sari apel berkisar dari memperbaiki kondisi kulit hingga mendorong penurunan berat badan. Mungkin juga membantu meredakan gangguan pencernaan.

Karena terlalu sedikit asam lambung dapat memicu gangguan pencernaan, minumlah cuka sari apel untuk meningkatkan produksi asam lambung tubuh Anda. Tambahkan satu hingga dua sendok teh cuka sari apel mentah yang tidak dipasteurisasi ke dalam secangkir air dan minum untuk bantuan cepat. Atau hentikan gangguan pencernaan sebelum terjadi dengan meminum campuran 30 menit sebelum makan.

Meskipun cuka sari apel aman, meminumnya secara berlebihan atau murni dapat menyebabkan efek samping seperti erosi gigi, mual, luka bakar tenggorokan, dan gula darah rendah.

3. Akar licorice

Akar licorice dapat meredakan kejang otot dan peradangan di saluran pencernaan, yang keduanya dapat memicu gangguan pencernaan. Kunyah akar licorice untuk menghilangkan atau tambahkan akar licorice ke dalam air mendidih dan minum campurannya.

Meskipun efektif untuk gangguan pencernaan, akar licorice dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan kalium serta tekanan darah tinggi dalam dosis besar. Konsumsi tidak lebih dari 2,5 gram akar licorice kering per hari untuk bantuan cepat. Makan atau minum akar licorice 30 menit sebelum makan atau satu jam setelah makan untuk gangguan pencernaan.

4.Air lemon

Efek alkali dari air lemon juga menetralkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Campurkan satu sendok makan jus lemon dalam air panas atau hangat dan minum beberapa menit sebelum makan.

Baca Juga :

mencegah asam lambung kambuh

Seiring dengan meredakan gangguan pencernaan, air lemon juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Namun, terlalu banyak air lemon dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan peningkatan buang air kecil. Untuk melindungi gigi Anda, bilas mulut Anda dengan air setelah minum air lemon.

5. Soda kue (natrium bikarbonat)

Soda kue dapat dengan cepat menetralkan asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan, kembung, dan gas setelah makan. Untuk pengobatan ini, tambahkan 1/2 sendok teh baking soda ke 4 ons air hangat dan minum.

Sodium bikarbonat umumnya aman dan tidak beracun. Tetapi minum soda kue dalam jumlah besar dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak disukai, seperti sembelit, diare, lekas marah, muntah, dan kejang otot. Jika Anda minum larutan yang mengandung 1/2 sendok teh soda kue untuk gangguan pencernaan, jangan ulangi setidaknya selama dua jam.

Menurut sebuah studi 2013Trusted Source, orang dewasa tidak boleh memiliki lebih dari tujuh ½ sendok teh dalam periode 24 jam dan tidak lebih dari tiga ½ sendok teh jika di atas usia 60.

Anda tidak harus hidup dengan gangguan pencernaan yang sering. Ketidak nyamanan perut dapat mengganggu hidup Anda, tetapi itu tidak harus terjadi. Lihat apakah obat rumahan ini membantu tetapi mengunjungi dokter tentang gejala yang mengkhawatirkan.

FDA tidak memantau herbal dan solusi untuk kualitas, jadi teliti pilihan merek Anda.

Semakin cepat Anda menemui dokter, mendapatkan diagnosis, dan memulai perawatan, semakin cepat Anda merasa lebih baik dan menikmati kualitas hidup yang lebih tinggi.

Refrensi artikel

https://www.healthlinecom/health/home-remedies-for-indigestion#see-a-doctor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *