gejala sakit asam lambung

gejala sakit asam lambung

gejala sakit asam lambung adalah tanda utama dari asam lambung  adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. gejala sakit lambung  ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, serta mual dan muntah.

Komplikasi Penyakit Asam Lambung 

Penanganan penyakit asam lambung yang tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berupa peradangan pada saluran kerongkongan atau esofagus. Peradangan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka hingga jaringan parut di kerongkongan, sehingga penderita jadi sulit menelan.

Kondisi  ini juga dapat memicu terjadinya esofagus Barrett, yaitu penyakit yang berisiko menimbulkan kanker esofagus.

Pencegahan Asam Lambung

Untuk pencegahannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran ataupun buah buahan yang bisa menurunkan kadar asam lambung, atau Anda bisa mencoba dengan beberapa bahan berikut ini:

1. Teh chamomile atau adas

Teh herbal ini dianggap sebagai teh terbaik yang digunakan melawan melawan asam lambung. Bahan ini membantu menenangkan asam lambung dan produksi lebih banyak asam. Cara terbaik untuk mencerna jenis teh ini adalah dengan menghirupnya perlahan-lahan setelah mereka sedikit mendingin – jangan minum teh yang terlalu panas, karena ini dapat memicu produksi asam lebih banyak, tetapi minum teh sebelum terlalu dingin.

Baca Juga :

cara mengurangi asam lambung

 

2. Jahe

Rempah yang satu ini dianggap sebagai ramuan obat untuk meningkatkan berbagai jenis kondisi. Juga dapat dikonsumsi dalam bentuk manisan untuk membantu menenangkan asam lambung yang menciptakan sakit perut atau masalah pencernaan lainnya. Anda juga bisa menambahkan manisan jahe di dalam teh dan biarkan meresap ke dalam cairan sebelum mengonsumsinya.

3. Produk apel

Baik apel dan cuka sari apel secara luas dianggap sebagai pengobatan asam lambung yang efektif. Meskipun apel bersifat asam, bahan ini mengandung asam dan enzim yang membantu menetralisir asam lambung di dalam tubuh Anda. Untuk hasil terbaik, gunakan produk apel organik – ini membantu menghindari berbagai pestisida dan bahan kimia lain yang dapat memperburuk asam lambung.

Tanda Penyakit Asam Lambung

Berikut penjelasan ciri-ciri penderita asam lambung yang perlu Anda ketahui:

1. Produksi air liur berlebih dan mulut terasa pahit

Ini merupakan gejala awal asam lambung. Air liur terus diproduksi karena berusaha menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

2. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan selera makan biasanya disertai dengan perasaan penuh pada perut atau kembung.

3. Mual dan muntah

Terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.

4. Perut kembung

Hal ini diakibatkan kadar asam yang ada di dalam lambung sangatlah tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan, yang menyebabkan perut terasa kembung.

5. Susah buang air besar

Susah BAB diakibatkan pola makan yang tidak teratur dan adanya gangguan pada pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.

Bagi Anda yang sudah merasakan gejala atau ciri-ciri penyakit asam lambung di atas, sebaiknya lakukan pengobatan sejak dini agar terhindar dari penyakit yang lebih parah lagi.

Sementara gejala asam lambung naik secara umum adalah:

Sakit seperti terbakar atau ketidaknyamanan yang mungkin bergerak dari perut ke dada, atau bahkan sampai ke tenggorokan.
Regurgitasi: Membantu asam atau asam pahit ke tenggorokan atau mulut.
Apabila terjadi peningkatan asam lambung yang memiliki sifat asam yang korosif atau mengikis pada dinding lambung maka lama-kelamaan akan menyebabkan terjadinya peradangan, iritasi, dan luka pada dinding lambung.

Apabila kondisi lambung tersebut tidak segera diatasi hingga pulih, maka lama-kelamaan akan membuat penyakit asam lambung menjadi kronis dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung atau kanker pencernaan.

Penyakit asam lambung tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa menyerang anak-anak dan juga ibu hamil.

Jika penyakit asam lambung sudah mulai menyerang, Anda harus bisa memilih makanan yang diperbolehkan dan menjauhi pantangan. Segeralah melakukan pengobatan agar tidak menjadi penyakit yang lebih parah lagi seperti kanker lambung.

Selain rasa asam di belakang mulut dan heartburn, penyakit asam lambung atau GERD juga ditandai dengan:

  • Perasaan ada yang mengganjal di kerongkongan, terutama saat menelan.
  • Sering bersendawa dan suara menjadi serak.
  • Sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang dan sakit saat menelan.
  • Mual dan muntah.
  • Bau mulut.
  • Batuk kronis tanpa dahak, terutama di malam hari.
  • Gejala asam lambung naik atau refluks asam lambung lebih sering terjadi di malam hari, sehingga menimbulkan gangguan tidur. Penyakit GERD juga dapat mencetuskan gejala asma dan menimbulkan peradangan pada saluran pita suara (laringitis).

Jadi, ingatlah tanda-tanda asam lambung di atas dan silakan mencoba tips mencegah asam lambung, Teman Sehat!

Refrensi Artikel :

https://www.alodoktercom/penyakit-asam-lambung/gejala

https://www.alodoktercom/penyakit-asam-lambung

https://doktersehatcom/asam-lambung-tinggi-penyebab-gejala-bahaya-dan-pengobatannya/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *