gejala penyakit gerd

gejala penyakit gerd

gejala gerd

gejala penyakit gerd  ada beberapa mengobati maag kronis  mulai dari mengurangi mengkonsumsi makanan yang kurang baik, seperti gorengan, makanan berlemak, makanan yang di awetkan dan lain-lainya.

Komplikasi Maag Kronis

Gejala maag kronis umumnya akan membaik dengan pengobatan, namun tetap perlu dilakukan pemantauan secara terus-menerus. Dan jika tidak diobati, kondisi ini akan terjadi berulang selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup.

Gejala maag kronis yang semakin parah dapat menimbulkan pendarahan dan komplikasi berupa:

  • Tukak lambung
    Terjadinya peradangan atau luka pada dinding lambung dan duodenum (usus 12 jari). Selain ketidaknyamanan pada lambung, penderita tukak lambung akan mengalami nyeri berat di lambung.
  • Gastritis atrofi
    Gastritis atrofi terjadi saat peradangan kronis pada dinding lambung menyebabkan hilangnya lapisan dan kelenjar pada lapisan dinding lambung. Maag kronis yang sudah parah dapat berkembang menjadi gastritis atrofi.
  • Anemia
    Iritasi pada lambung yang semakin parah dapat menyebabkan pendarahan kronis di lambung, dan kehilangan darah dalam jumlah banyak bisa menyebabkan anemia.
  • Kekurangan vitamin B12
    Maag kronis yang berkembang menjadi gastritis atrofi dapat menyebabkan penyerapan vitamin B12 di perut tidak baik.
  • Kanker
    Kanker lambung pada stadium awal seringkali tidak bergejala. Adapun gejala kanker lambung yang harus diwaspadai antara lain pencernaan bermasalah, cepat kenyang, nyeri ulu hati, mual, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan. Deteksi dini kanker lambung penting dilakukan agar dapat ditangani secara dini.

Mengatasi maag kronis

Pengobatan maag kronis bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa hal seperti jenis maag kronis, penyebabnya, dan tingkat keparahan. Mengatasi maag kronis tipe A yang disebabkan oleh penyakit autoimun memang belum ada pengobatan khususnya.

Akan tetapi, bisa diredakan dengan mengobati kekurangan zat besi dan vitamin B12 dengan cara mengonsumsi suplemen secara oral, suntikan, atau cairan infus. Pengobatan maag kronis tipe B akibat bakteri Helicobacter pylori biasanya diobati dengan menggunakan obat kombinasi antibiotik dan antasid.

Pengobatan maag kronis tipe C dilakukan dengan cara menjaga pola diet dan gaya hidup yang sehat. Hindarilah konsumsi alkohol, obat-obatan antiinflamasi non steroid, makanan pedas, makanan asam, diet tinggi lemak, dan diet tinggi garam.

Singkatnya, pengobatan maag kronis biasanya tergantung pada penyebab awal kondisi ini. Nah, berikut ini beberapa obat maag kronis karena gastritis yang bisa diminum untuk membantu mengatasi keluhan sesuai dengan penyebabnya:

Adapun cara-cara yang lain  sebagai berikut:

1. Antasida

Antasida adalah salah satu pilihan obat yang bisa diminum untuk meredakan gejala maag kronis karena gastritis. Cara kerjanya yakni dengan menurunkan jumlah produksi asam, menetralkan asam pada lambung, serta menghambat naiknya asam ke kerongkongan.

Obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat dengan sediaan tablet kunyah dan cairan. Aturan minumnya ada dua, bisa saat perut dalam keadaan kosong, atau setelah diisi makanan.

Antasida dianjurkan untuk diminum beberapa jam sebelum makan atau 1 jam setelah makan.

2. H-2 receptor blockers

Obat H-2 receptor blockers bertugas untuk menurunkan jumlah produksi asam pada lambung. Contoh obat ini yaitu ranitidine (Zantac®), yang bisa diminum dalam kondisi perut kosong atau terisi makanan.

Obat ini bisa diminum sekitar 1-2 kali sehari, di waktu sebelum makan, setelah makan, atau menjelang tidur.

3. Proton pump inhibitors (PPI)

Obat PPI bisa membantu meredakan gejala maag kronis karena gastritis, dengan cara menurunkan produksi asam dari lambung. Dosis obat ini biasanya jauh lebih kuat ketimbang antasida dan h-2 receptor blockers.

Baca juga :

cara mengobati asam lambung kronis

Contohnya meliputi omeprazole (Prilosec®) dan lansoprazole (Prevacid 24 HR®) untuk dosis rendah. Sedangkan obat PPI dengan dosis yang lebih kuat hanya bisa didapatkan atas persetujuan dokter.

4. Antibiotik

Antiobiotik tidak boleh digunakan sembarangan. Obat ini sebenarnya bukan bertujuan langsung untuk mengobati maag kronis.

Namun, jika maag kronis karena gastritis diawali oleh infeksi bakteri H. pylori, dokter biasanya meresepkan pemberian antibiotik. Contohnya seperti klaritromisin (Biaxin) dan amoksisilin (Amoxil, Augmentin, atau lainny) atau metronidazol (Flagyl).

5. Suplemen

Maag kronis karena gastritis yang dipicu oleh reaksi autoimun memang belum bisa diobati secara khusus. Namun, Anda bisa menggunakan suplemen tambahan untuk mengobati kekurangan vitamin B12 yang memicu munculnya reaksi autoimun.

Suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B23 bisa melalui tablet minum, suntikan, atau infus intravena.

Refrensi artikel :

https://hellosehatcom/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-maag-kronis-adalah/

https://doktersehatcom/pantangan-buat-penderita-penyakit-maag-kronis/

https://hellosehatcom/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-maag-kronis-adalah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *