cara mengobati asam lambung

cara mengobati asam lambung

Penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini biasa disebut dengan GERD atau Gestrokshopageal Reflux Desease. Orang yang menderita GERD biassanya merasakan gejala seperti :

  • Sakit dibagian ulu hati
  • Kembung
  • Sulit menelan atau merasa tidak nyaman untuk menelan
  • Mulut terasa asam atau pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan
  • perut terasa tidak nyaman
  • rasa terbakar di dada

Jika merasakan gejala-gajala seoerti diatas, cobalah ramuan alami berikut untuk meredakannya:

1. Jahe

Jahe mempunyai sifat anti radang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Pengonsumsiannya dengan mengolahnya menjadi teh jahe. Bisa menggunakan jahe segar atau jahe bubuk yang dijual dipasaran, tapi supaya lebih aman pastikan yang sudah terdaftar di BPOM.

2. Licorice

Licorice disebut juga dengan akar manis, licorice dipercaya dapat mengatasi masalah disistem pencernaan seperti nyeri ulu hati serta rasa terbakar didada. Bubuk licorice atau teh licorice bisa didapatkan di supermarket yang menjual bahan makanan import.

3. Teh Chamomile

Teh Chamomile dipercaya bisa dionsumsi untuk meredakan nyeri ulu hati, mual serta muntah. Beberapa penelitian juga menemukan kalalu teh chamomile bisa mengatasi masalah susah tidur. Teh chamomile lebih mudah dicari daripada licorice dan bisa didapatkan di supermarket terdekat.
Sebelum mencoba ramuan-ramuan alami tersebut alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai keamanan dalam mengonsumsinya.

cara mengobati asam lambung

Penyembuhan asam lambung akan lebih efektif dengan memperbaiki pola hidup dengan beberapa tips berikut :

1. Hindari kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok, atau kebiasaan langsung tidur setelah makan. Kebiasaan tersebut bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Jadi, hentikan kebiasaan tersebut dan setelah makan beri jeda waktu minimal 3 jam sebelum tiduran.

2. Hindari memakai pakaian ketat

Memakai pakaian ketat dapat menyebabkan tekanan diperut sehingga lambungpun ikut tertekan, akibatnya isi lambung naik ke kerongkongan sehingga membuat muntah. Agar lebih aman pakailah pakaian yang longgar yang penting nyaman dipakai.

3. Hindari gerakan yang menekan perut

gerakan yang memberi tekanan ke perut misalnya gerakan olahraga seperti melompat atau bergoyang-goyang yang berlebihan. Olahraga boleh, tapi ingat kondisi lambung sedang sensitif. Jika ingin olahraga tunggu 2-4 jam setelah makan.

4. Tidur yag cukup

Tidur yang cukup itu penting karena kalau kurang tidur tubuh bisa memproduksi hormon stres yang mungkin bisa memicu asam lambung. Oleh karena itu, kurangi begadang yang tidak perlu dan penuhi kebutuhan tidur yaitu 7-8 jam setiap hari. Disarankan juga untuk tidur dengan posisi kepala dan dada yang lebih tinggi. Gunakan penyangga diatas ranjang supaya ketika tiduran posisi dari pinggang keatas jadi lebih tinggi. Jangan hanya menambahkan satu atau dua bantal dibawah kepala, karena kurang efektif.

5. Mengurangi porsi makan

Pengurangan porsi makan dengan makan sedikit namun sering dan mengunyah pelan-pelan.

6. Menghindari makanan dan minuman yang memicu gejala asam lambung

Makanan yang memicu asam lambung :

  • Makanan pedas, makanan berlemak seperti gorengan, keripik, askrim, susu dan keju serta makanan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, tomat dan cuka
  • kurangi konsumsi bawang-bawangan, makan yang mengandung gas dan kacang-kacangan

Minuman yang memicu asam lambung :

  • Minuman beralkoho, Bersoda dan berkafein

apakah artikel cara mengobati asam lambung ini membatu? baca juga Apakah penyakit maag itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *