cara mengatasi maag dengan tepat

cara mengatasi maag dengan tepat

Cara Mengatasi Maag

Banyak cara mengatasi maag yang tepat, baik dengan cara memperbaiki pola makan dan gaya hidup, obat-obatan medis, hingga tindakan operasi.

Pengertian maag adalah gejala tidak nyaman yang dirasakan pada perut yang umumnya disebabkan oleh dispepsia, gastritis, atau tukak lambung. Cara mengatasi maag yang ampuh dan aman tergantung pada penyebabnya. Jika tidak ada penyebab yang spesifik, maka pengobatan akan fokus pada mengatasi gejalanya dengan obat-obatan.
Umumnya, dispepsia, gastritis, dan juga tukak lambung disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, alkohol, kopi, dan jamu juga dapat berpengaruh pada munculnya gejala maag. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh stres dan juga depresi yang akhirnya mengganggu sistem pencernaan Anda. Cara mengatasi maag akibat kondisi-kondisi tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan medis, perbaikan pola makan dan gaya hidup, serta terapi psikologis.
Mengubah Pola Makan dan Gaya Hidup
Cara mengatasi maag selain menggunakan obat-obatan medis adalah dengan perbaikan pola makan, seperti:

Berhenti merokok.

  • Tidak mengonsumsi camilan ketika sudah larut malam.
  • Rajin berolahraga dan mengurangi berat badan jika diperlukan. Namun ingat, jangan berolahraga sesaat setelah makan. Setidaknya tunggu satu jam setelah makan.
  • Menghindari dan mengelola stres.
  • Tidak mengenakan pakaian ketat, karena dapat menekan lambung dan membuat makanan naik ke kerongkongan dan memicu penyakit asam lambung.

Perubahan menu makanan

Hindari mengonsumsi makanan pedas dan makanan yang mengandung banyak asam, seperti tomat dan jeruk. Hindari juga minuman bersoda, kafein, dan minuman beralkohol, serta makanan pemicu sakit maag seperti cokelat dan mint.
Penerapan pola makan yang lebih baik
Anda disarankan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun lebih Makanlah dengan pelan-pelan. Biasakan untuk tidak langsung berbaring setelah makan, tunggu setidaknya 2 hingga 3 jam setelah makan.
Menerapkan pola hidup sehat juga perlu dilakukan sebagai cara mengatasi maag, yaitu dengan:

Hindari mengonsumsi obat-obatan yang bisa menyebabkan sakit maag, seperti obat antiinflamasi non-steroid (OAINS).

Terapi Psikologis untuk Mengatasi Maag

Umumnya dokter akan menganjurkan terapi psikologis atau psikoterapi jika penyebab maag berkaitan dengan masalah psikologis, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Jika disebabkan oleh stres, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan meditasi, latihan relaksasi, dan konseling sebagai cara mengatasi maag.

Maag yang tidak kunjung diobati bisa semakin parah dan menjadi tukak lambung. Bahkan, maag bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan, jaringan parut, kebocoran lambung, bahkan kanker lambung yang dapat mengancam jiwa. Tindakan operasi mungkin diperlukan untuk kondisi komplikasi yang parah.

Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter lebih lanjut untuk mengetahui cara mengatasi maag yang sesuai dengan kondisi penyebabnya. Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik, ditambah pemeriksaan penunjang seperti endoskopi lambung untuk menentukan penyebab maag.

1. Hindari makanan yang sulit dicerna dan makanan bersifat asam.

Saatnya mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, berlemak, berminyak dan pedas. Makanan yang bersifat asam seperti makanan bertepung dan diproses juga tidak baik, lho. Kurangi konsumsi makanan tersebut untuk mengurangi gejala maag, dan berikan waktu agar perut dan lambungmu dapat sembuh.

2. Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil.

Bila kamu sering mengalami masalah pencernaan, makanlah sebanyak 5-6 kali sehari dengan porsi yang kecil agar perut kamu selalu terisi. Ingat, makan pada tepat waktu juga agar kamu tidak terkena asam lambung, ya.

3. Minimalisir konsumsi kopi, soda, dan alkohol.

Bila kamu sering mengalami sakit maag, hindari kopi, soda, dan alkohol karena kandungan dan kadar asam di dalam kedua cairan tersebut dapat melemahkan lendir pelindung yang melapisi perut kamu. Kondisi tersebut akan membuat sakit maag semakin parah!

4. Berhenti merokok.

Siapa bilang rokok hanya dapat mempengaruhi paru-paru saja? Selain alkohol, rokok juga bisa meningkatkan produksi zat asam dalam perut yang memperlambat pulihnya perut. Also, merokok juga menaikkan risiko terkena kanker perut.

5. Kendalikan stres.

Apakah kamu tahu bahwa stres dapat meningkatkan produksi kadar asam dalam perut? Stres juga menyebabkan syaraf mengeluarkan hormon berlebih sehingga mengganggu kinerja lambung. Saatnya berolahraga dan melakukan berbagai kegiatan santai seperti meditasi atau yoga untuk menurunkan kadar stres. Girls, menjalankan diet yang sehat dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah juga akan membuat tubuhmu merasa lebih baik!

bagikan artikel ini untuk berbagi info kesehatan dalam mengatasi sakit maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *