cara alami mengobati sakit maag

cara alami mengobati sakit maag

cara alami mengobati sakit maag

Cara alami mengobati sakit maag sakit maag juga sering dikaitkan dengan tingginya asam lambung di dalam lambung seseorang. Oleh sebab itu kita harus tahu bagaimana mengobati maag secara alami yang tinggi ketika maag menyerang. Berikut ini adalah cara mengobati maag paling efektif yang bisa anda lakukan di rumah.

Beberapa bahan alami dirumah untuk mengobati sakit maag secara alami :

1.  Sari Kedelai

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati sakit maag adalah dengan menggunakan sari kedelai. Produk olahan sari kedelai pun bisa menghilangkan maag secara efktif. Sari kedelai dan olahannya mampu mengobati sakit maag dikarenakan zat yang ada di dalamnya seperti antioksidan, kaya dengan nutrisi, kaya dengan vitamin, protein dan juga lemak nabati. Semua kandungan yang ada pada kedelai itulah yang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag. Cara mengobati sakit maag menggunakan kedelai itu adalah sebagai berikut ini :

  • Sangrai biji kedelai.
  • Haluskan dan blender biji kedelai tersebut sampai benar-benar halus.
  • Setelah itu seduh biji kedelai itu menggunakan air panas dan diminum selagi hangat.
  • Lakukanlah cara itu secara teratur agar sakit maag anda berangsur-angsur membaik.

1. Biji Pepaya

Cara mengatasi sakit maag lainnya adalah menggunakan biji pepaya. Selama ini biji pepaya bisa digunakan sebagai cara mengatasi berbagai macam penyakit. Cara mengatasi penyakit maag dengan menggunakan biji pepaya adalah sebagai berikut ini :

Keringkanlah biji pepaya dengan menjemurnya.
Tumbuklah halus biji papaya itu sampai benar-benar lembut.
Setelah itu seduhlah menggunakan air panas. Aduk sampai merata setelah itu minum ramuan tersebut selagi hangat dan minumlah secara teratur sampai kondisi lambung membaik.

Baca Juga :

asam lambung tinggi sesak nafas

 

3. Kentang rebus.

Saat sakit maag sedang melanda, maka makanan yang baik untuk kamu konsumsi adalah kentang rebus, pasalnya kentang rebus bersifat alkali dan akan menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga bisa memberikan rasa kenyang yang cukup, sehingga kamu tak perlu makan banyak. Dengan begitu rasa sakit akan berkurang.

4. Jahe

Jahe bisa dijadikan salah satu obat alami untuk mengatasi maag berkat kemampuannya dalam mengurangi produksi asam lambung. Secara rincinya, jahe memiliki efek gastroprotektif yang bisa menurunkan jumlah asam dan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Helicobacter pylori adalah jenis bakteri perut yang biasanya hidup dalam kondisi asam. Kehadiran bakteri tersebut di dalam sistem pencernaan bisa dibilang berbahaya karena berisiko semakin memperparah kondisi Anda.

Demi memulihkan gejala gangguan pada pencernaan, Anda bisa mengolah jahe menjadi teh sebagai obat herbal asam lambung. Proses pembuatannya pun tidak sulit, yakni dengan merebus satu atau dua potongan jahe bersama air secukupnya.

Setelah matang dan tercium bau jahe yang khas, beri tambahan madu, gula, atau air perasan lemon sesuai selera sebagai perasa. Minum secangkir teh jahe sekitar 20 menit atau lebih sebelum makan untuk membantu menenangkan maag, serta menurunkan asam lambung.

Pilihan olahan jahe lainnya yang bisa dikonsumsi sebagai obat herbal asam lambung yaitu dengan mengisap permen jahet. Namun, ada baiknya untuk tetap membatasi konsumsi jahe sesuai kebutuhan saja, dan tidak lebih dari 3-4 gram per hari.

Hal ini bukan tanpa alasan. Terlalu banyak mengonsumsi jahe bisa mengakibatkan timbulnya gas, rasa terbakar di dada dan tenggorokan, hingga nyeri pada dada (heartburn).

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji selain bisa digunakan untuk menghilangkan penyakit diare juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit maag.  mengandung berbagai macam zat yaitu flavonoid, polifenil, saponin, alkaloid, karoten, kuinon, antioksidan tinggi dan senyawa anti-mutagenic. Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Berikut ini adalah cara untuk mengobati sakit maag menggunakan daun jambu biji yang bisa anda coba :

Baca Juga :

tips mengatasi asam lambung naik

  • Ambillah beberapa biji daun jambu biji yang telah di cuci bersih.
  • Rebuslah daun biji tersebut menggunakan tiga gelas air.
  • Sisakan air rebusan itu menjadi dua gelas.
  • Minum air rebusan daun jambu biji itu saat pagi dan juga malam hari.
  • Usahakan ketika meminum air rebusan itu kondisi perut anda sudah terisi dengan makanan agar kondisi perut anda tidak perih.
  • Lakukanlah cara tersebut secara teratur agar sakit maag anda segera berkurang dan menghilang.

Itulah berbagai macam tips mengobati sakit maag yang anda bisa gunakan. Agar maag anda segera hilang, anda harus telaten dan teratur dalam mengkonsumsi ramuan tradisional yang telah disebutkan di atas. Tidak hanya itu saja anda juga harus menjauhi penyebab asam lambung tinggi yang bisa menyebabkan maag dan mulai menerapkan pola makan secara teratur. Pola makan tertaur terbukti menjadi cara mencegah maag dan mengobati sakit maag yang efektif.

Refrensi Artikel :

https://halosehatcom/penyakit/maag/cara-mengobati-sakit-maag

https://hellosehatcom/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/obat-maag-asam-lambung-alami-herbal/

https://www.brilionet/kesehatan/9-makanan-pereda-sakit-maag-alami-tanpa-efek-samping-murah-1903211

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *