asam lambung berlebih

asam lambung berlebih

asam lambung berlebih

Asam lambung berlebih, seseorang mesti mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat dan efek samping ketika asam lambung berlebih.
Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Fungsinya mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makan dan minuman, asam lambung berlebih serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12.
Asam lambung yang rendah atau berlebihan akan membuat rasa sakit.Asam lambung yang tinggi biasanya diiringi dengan sejumlah gejala. Di antaranya yakni: gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap.
Seorang yang memiliki asam lambung tinggi juga sering bersendawa dan perut kembung, sering mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan terkadang disertai batuk berdahak.
Asam lambung tinggi akan membuat tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit. Kulit akan terlihat kusam, demam dan rambut rontok.
Penyebab asam lambung diproduksi dengan berlebihan adalah seperti orang yang menderita kecanduan atau obsesi dengan diet, kurang air minum, diabetes dan wanita yang sedang hamil.

Berikut ini beberapa makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi jika Anda sedang sakit asam lambung:

 

1. Pisang

Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini membuatnya dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala. Selain pisang buah no citrus lainnya seperti melon, apel, pepaya, dan pir juga jadi pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung.

2. Oatmeal

Oatmeal (bubur havermut) mengandung gandum utuh yang kaya akan serat sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali.. Pilihan makanan tinggi serat lainnya selain oatmeal adalah roti gandum dan beras whole grain.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik. Ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang Anda alami.

Baca Juga :

tanda penyakit asam lambung

4. Jahe

Jahe memiliki sifat antiradang alami yang baik sebagai perawatan untuk sakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat menambahkan jahe parut atau irisan jahe ke dalam smoothie, teh, atau masakan Anda.
Putih telur. Putih telur rebus adalah pilihan yang bagus sebagai makanan untuk asam lambung. Namun ingat, hindari kuning telur karena mengandung lemak tinggi yang justru dapat memperparah kondisi Anda yang sedang sakit asam lambung.
Daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak adalah pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Hindari mengolah makanan jenis ini dengan cara digoreng karena minyak dapat memperburuk gejala refluks.
Lidah buaya. Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan, termasuk untuk GERD.

Ubah gaya hidup

Gaya hidup sehat memiliki peran yang sangat besar untuk kesehatan asam lambung ini. Beberapa orang tidak sadar bahwa gaya hidup yang terlihat biasa, ternyata memiliki efek yang buruk untuk asam lambung. Kebiasaan-kebiasaan itu diantaranya:

– Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol
– Lakukan olahraga ringan secara teratur
– Konsumsi air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum air mineral minimal 8 gelas per hari.
– Jaga pola istirahat dan hindari stres. Orang yang kurang tidur akan mengalami gangguan produksi asam lambung yang berdampak sangat buruk untuk tubuh.

Jaga pola makan

Bagaimanapun, makanan menjadi sumber penyebab asam lambung yang cukup besar karena berdampak yang langsung terjadi pada lambung dan bagian perut lain terutama usus.

Referensi Artikel :

https://www.cnnindonesiacom/gaya-hidup/20170515211444-255-215060/cara-mengatasi-asam-lambung-berlebih

https://hellosehatcom/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/obat-asam-lambung-gaya-hidup/

https://www.alodoktercom/bahaya-asam-lambung-jika-dibiarkan-terus-menerus

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *